Passing Grade Kelulusan CPNS 2021, Seleksi Siap Dibuka

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (Iqbal Nugroho)
Pemerintah masih terus mematangkan proses rekrutmen atau Seleksi CPNS 2021 dan PPPK dengan total formasi sebanyak 1,27 juta.

Rencananya, perekrutan CPNS 2021  dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dilaksanakan pada Mei 2021.

Selain memenuhi ketentuan, lowongan CPNS 2021 hanya bisa diisi mereka yang lolos seleksi. Syarat lolos seleksi antara lain melalui passing grade CPNS. 

Terkait passing grade CPNS 2021, apakah masih sama dengan penyelenggaraan tes CPNS sebelumnya?

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama BKN Paryono menuturkan jika passing grade CPNS 2021 akan ditetapkan melalui Peraturan Menteri PANRB.

"Nanti akan diatur dengan Peraturan Menpan yang baru lagi walaupun misalnya passing grade-nya sama. Terus hasil yang kemarin yang lolos passing grade apakah bisa digunakan kembali, akan diatur," jelas dia, seperti dikutip Rabu (10/3/2021).

Paryono mengatakan akan ada pengumuman resmi tentang pembukaan rekrutmen CPNS 2021. Demikian pula untuk detail persyaratannya.

"Syarat-syarat nanti akan ada di pengumuman pada saat pendaftaran," jelasnya.

Sebagai gambaran saja, passing grade tes CPNS 2019 diatur dalam  Permenpan Nomor 24 Tahun 2019. "Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil," mengutip aturan yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Liputan6