Pendaftaran Guru PPPK Dibuka Mei 2021

Liputan6

Peserta SKB CPNS 2019. Dok BKN

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyebutkan, pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru akan dimulai pada Mei–Juni 2021. Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan formasi 1 juta guru PPPK pada tahun ini.

Usai pendaftaran PPPK, Suharmen mengatakan, proses selanjutnya yakni proses seleksi yang akan dilakukan dalam tiga tahap, dan dimulai Agustus 2021.

"Pelaksanaan PPPK Guru akan dilakukan tiga tahap, yakni tahap I pada bulan Agustus 2021, tahap II pada bulan Oktober 2021 dan tahap III pada bulan Desember 2021," jelas Suharmen dalam keterangan tertulis, Rabu (31/3/2021).

Untuk persiapan proses pendaftaran PPPK Guru, Suharmen menyampaikan, portal pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) atau SSCASN akan terintegrasi dengan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) untuk integrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Integrasi data selanjutnya pada pengecekan data NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga kependidikan), integrasi data Akreditasi Program Studi/Universitas, dan Lembaga Pendidikan Tinggi sebagai bentuk validasi pendidikan pelamar PPPK.

Itu juga terhubung dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), termasuk data guru agama di sekolah umum secara terintegrasi.

Liputan6