Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Formasi Guru Paling Banyak Dibutuhkan

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (/Iqbal Nugroho)

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen, menyebutkan Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas) tengah melakukan penyiapan infrastruktur pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. 

"BKN bersama Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mematangkan kesiapan pelaksanaan CPSN 2021, khususnya dari aspek infrastruktur dan skema penyelenggaraan seleksi," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/3/2021).

Adapun Rapat Persiapan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021 yang digelar secara dari pada Selasa (2/3/2021) kemarin turut dihadiri onstansi pemerintah yang bertugas dalam Tim Panselnas.

Di antaranya Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Suharmen menjelaskan, BKN selaku Ketua Pelaksana Panselnas akan berkerjasama dengan beberapa kementerian/lembaga untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pendaftaran sampai dengan penyelenggaraan seleksi CPNS 2021, yang meliputi seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Sekolah Kedinasan. 

Sebelum pada tahap pengumuman, Panselnas akan memastikan jadwal pelaksanaan seleksi CPNS  2021 secara mendetil terlebih dahulu, dan setelahnya baru berkoordinasi dengan seluruh pemerintah pusat dan daerah yang mengajukan usulan formasi ke Kementerian PANRB. 

"Pelaksanaan seleksi ASN ini akan berlangsung sepanjang tahun 2021, mulai dari seleksi PPPK, CPNS, dan Sekolah Kedinasan," terangnya.Liputan6