Pemerintah Akan Buka Penerimaan 1 Juta Formasi Guru PPPK

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Palembang,Sumatera Selatan, Jumat (27/11/2020). KOMPAS AJI YK PUTRAMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Palembang,Sumatera Selatan, Jumat (27/11/2020).

Adapun dari 1,3 juta formasi tersebut, 1 juta diperuntukkan bagi guru dan sisanya adalah untuk bidan, perawat dokter, tenaga-tenaga penyuluh lainnya sesuai kebutuhan kementerian/lembaga serta instansi.

Tjahjo mengatakan, perekrutan 1 juta guru tersebut merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penerimaan 1 juta guru PPPK tersebut akan dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah di Tanah Air.

"Program ini untuk menyelesaikan kekurangan tenaga guru yang selama ini diisi tenaga honorer," kata dia.

Mereka yang bisa mendaftar untuk seleksi penerimaan guru PPPK tersebut adalah yang terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik) Kemendikbud.

Selain formasi guru, aparatur di pemerintahan daerah juga membutuhkan pegawai ASN yang jumlahnya mencapai 189.000 orang.

Dengan rinician 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.000 ASN untuk berbagai jabatan teknis yang dibutuhkan, termasuk tenaga kesehatan.

"Sementara untuk instansi pemerintah pusat telah ditentukan kebutuhan sebanyak sekitar 83.000 orang, dengan persentase 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS," kata Tjahjo.

Pengumuman penerimaan rencananya akan dilakukan pada bulan Maret 2021 setelah pembagian untuk masing-masing instansi selesai dilakukan.Kompas