Panselnas Mulai Susun Skema Seleksi PNS dan PPPK, Dilaksanakan Sepanjang 2021,

Dilaksanakan Sepanjang 2021, Panselnas Mulai Susun Skema Seleksi PNS dan PPPK
Rekrutmen PPPK tahun ini mencapai 1.111.500 dan 160.500 formasi untuk CPNS. Foto/dok.SINDOnews
Panitia seleksi nasional (panselnas) tengah menyiapkan infrastruktur penerimaan calon aparatur sipil negara (ASN), baik untuk pegawai negeri sipil ( PNS ) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ( PPPK ).

“BKN bersama Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kemendikbud tengah mematangkan kesiapan pelaksanaan seleksi CASN 2021. Khususnya dari aspek infrastruktur dan skema penyelenggaraan seleksi,” kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen dikutip dari BKN.go.id, Rabu (3/3/2021).

Suharmen mengatakan BKN selaku Ketua Pelaksana Panselnas akan bekerjasama dengan beberapa kementerian/lembaga untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pendaftaran hingga penyelenggaraan seleksi ASN. Apalagi menurutnya seleksi akan berlangsung sepanjang tahun 2021.Hal ini meliputi seleksi PPPK, Seleksi CPNS dan seleksi sekolah kedinasan

“Sebelum pada tahap pengumuman, panselnas akan memastikan jadwal pelaksanaan seleksi ASN ini secara mendetail terlebih dahulu. Dan setelahnya baru berkoordinasi dengan seluruh instansi pusat dan daerah yang mengajukan usulan formasi ke KemenPANRB. Pelaksanaan sleksi akan berlangsung sepanjang tahun 2021. Mulai dari PPPK, CPNS dan sekolah kedinasan,” paparnya.

Seperti diketahui tahun ini pemerintah memang lebih banyak merekrut calon PPPK dibandingkan dengan CPNS. Pasalnya rekrutmen PPPK tahun ini mencapai 1.111.500. Sementara untuk CPNS tahun ini hanya sekitar 160.500 formasi. Sementara untuk sekolah kedinasan belum diungkap berapa formasi kebutuhan tahun 2021.

Dari 1.111.500 formasi PPPK, 1.000.000 diantaranya untuk formasi guru. Lalu 70.000 untuk PPPK instansi daerah non guru, dan 41.500 PPPK instansi pusat non guru.

Sementara 160.500 formasi kebutuhan CPNS, 119.000 merupakan CPNS instansi daerah. Sisanya 41.500 untuk CPNS instansi pusat.

Sebelumnya, MenPANRB Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pengumuman formasi yang akan dibuka akan dilakukan pada bulan Maret ini.“Mengenai waktu pengumuman, akan dilakukan pada bulan Maret, setelah proses pembagian untuk masing-masing instansi selesai dilakukan," katanya .

Sementara terkait dengan persyaratan, Tjahjo mengatakan akan ditentukan oleh masing-masing instansi. Dimana hal ini akan disesuaikan dengan kualifikasi jabatan.

“Setiap jabatan memiliki persyaratan kualifikasi yang beragam sesuai aturan yang berlaku di jabatan tersebut,” pungkasnya. Dita angga
(muh) Dita Angga Rusiana Sindo