Negara Tak Akan Putus Kontrak PPPK Semena-mena, Jangan Khawatir

https: img.okezone.com content 2021 01 05 320 2339047 jangan-khawatir-negara-tak-akan-putus-kontrak-pppk-semena-mena-UGs2K4iLc0.jpg 

Kontrak PPPK (Foto: Okezone)  

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka lowongan 1 juta guru untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2021.

Namun, para tenaga pendidikan mengkhawatirkan bila mereka sewaktu-waktu dapat diputus kontrak secara semena-mena.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana memastikan bila mereka yang nantinya lolos uji seleksi sebagai PPPK, maka tak perlu khawatir kontraknya akan diputus di tengah jalan. Kata dia, nantinya dalam perjanjian kerja itu hanya ditekankan terhadap target-target terhadap kerja mereka.

“Tidak begitu. Jadi perjanjian kerja bukan hanya mengenai batas waktu, tapi lebih kepada apa-apa yang harus dilakukan dan target-target pencapainnya. Jadi itu lebih akan ditekankan perjanjian kinerja,” kata Bima di Jakarta, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Dia menyebut bila nantinya para guru memang bisa bekerja memenuhi targetnya sesuai degan yang ada dalam perjanjian kerja, maka mereka tetap akan bekerja hingga memasuki usia pensiun.

“Kalau seseorang memenuhi target dengan baik, tentu tidak perlu ada kekhawatiran akan diberhentikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, PPPK itu juga termasuk ke dalam bagian Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga untuk memberhentikan mereka tak begitu mudah. Sebab, nantinya harus melalui proses yang panjang dan penilaian yang objektif.

“Memberhentikan ASN tidak mudah dan harus ada penilaian objektif. Tidak perlu dikhawatirkan. Pada saat yang sama PNS juga harus memenuhi kinerja,” kata dia.Okz