Naskah Soal SKB CPNS dan PPPK Paling Lambat Awal Juni Harus Diserahkan Oleh Instansi

Instansi Diminta Serahkan Naskah Soal SKB CPNS dan PPPK Paling Lambat Awal Juni
Kepala BKN, Bima Haria Wibisana meminta setiap instansi untuk menyiapkan soal seleksi kompetensi bidang (SKB) untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan PPPK. Foto/SINDOnews
Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN ), Bima Haria Wibisana meminta setiap instansi untuk menyiapkan soal seleksi kompetensi bidang (SKB) untuk seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ( PPPK ). Utamanya untuk memutakhirkan soal-soal SKB untuk seleksi tahun ini.

Dia juga meminta agar instansi memastikan penyusunan soal sesuai dengan standar tingkat kesulitan soal yang ditetapkan. Baik dari level jabatan maupun antar wilayah. 

“Naskah soal SKB CPNS dan soal seleksi kompetensi teknis PPPK non-Guru disampaikan kepada Panselnas (panitia seleksi nasional) paling lambat tanggal 1 Juni 2021 untuk diintegrasikan ke dalam Bank Soal CAT BKN,” ujarnya dikutip dari pers rilis BKN, Jumat (12/3/2021).

Bima mengatakan penyusunan soal kompetensi teknis bagi PPPK Guru akan dipandu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pasalnya seleksi PPPK 1 juta guru akan difasilitasi melalui UNBK Kemendikbud.

Lalu menindaklanjuti arahan tersebut beberapa instansi mulai melakukan penyusunan soal dengan melibatkan Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN. Kepala PPSS, Mohammad Ridwan mengatakan bahwa soal harus disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan pada jabatan tersebut.

“Pastikan soal-soal SKB yang disusun sesuai dengan tuntutan kompetensi bidangnya,” tuturnya. 

Adapun supervisi yang dilakukan PPSS BKN dalam persiapan penyusunan soal-soal SKB yang dilakukan instansi mencakup kaidah-kaidah penyusunan soal yang meliputi aspek materi, konstruksi soal, dan aspek bahasa.
(kri)
Dita Angga Rusiana SIndo