Kriteria Guru Honorer Agar Bisa Daftar Seleksi PPPK 2021, Dibuka April

Pasca bangunan sekolahnya terbakar, para siswa SDN 11 Tebet, kini menumpang di SDN 17,18, dan 19 Tebet, Jakarta. Mereka kini kekurangan buku pegangan untuk guru dan siswa setelah buku-buku juga ikut terbakar.
Pemerintah akan membuka pendaftaran seleksi PPPK 2021 bagi guru honorer pada April 2021. Apa saja kriteria pendaftarnya (Foto: detik)
Pendaftaran seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK untuk guru honorer akan dibuka April 2021. Ujian seleksi tahap pertama baru digelar pada Agustus 2021. Kriteria apa yang dibolehkan mengikuti seleksi ini?

Seperti diberitakan detiknews, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril, mengatakan Kemendikbud sedang melakukan persiapan seleksi termasuk pembukaan pendaftaran pada bulan April 2021.

Lantas siapa saja yang berhak mengikuti seleksi tersebut? Saat mengumumkan rencana seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2021 pada akhir November 2020 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyampaikan rekrutmen guru PPPK didasarkan pada estimasi kebutuhan guru di sekolah negeri yang mencapai 1 juta guru."Kita bisa buka pendaftaran bulan April, dan ujian seleksi Agustus untuk kesempatan pertama dan Oktober kesempatan kedua dan Desember kesempatan ketiga," kata Iwan, dalam rapat dengan Komisi X DPR RI, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Jumlah ini menurut Nadiem didapatkan melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Nadiem pun menyebutkan kebutuhan guru PPPK tersebut di luar dari jumlah guru Pegawai Negeri Sipil yang saat ini mengajar.

Nadiem pun menegaskan penerimaan guru PPPK merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Mendikbud menyampaikan juga kriteria yang dapat mengikuti seleksi PPPK 2021. Berikut kriterianya:

1. Guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Dapodik.

2. Lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Menteri Nadiem Makarim pun memberi jaminan semua guru honorer akan bisa mengikuti tes seleksi PPPK 2021 dan akan diberikan beberapa kesempatan. "Di sisi daerah, kami juga berharap bahwa setiap pemerintah daerah dapat mengajukan formasi sebanyak-banyak sesuai dengan kebutuhannya yang benar karena anggarannya jika lulus seleksi akan dijamin oleh pemerintah pusat," ujarnya. "Ini juga termasuk guru eks tenaga honorer kategori 2 yang belum pernah lulus PNS atau P3K sebelumnya," ujar Nadiem. "Saya harap ini dapat menjadi angin segar bagi guru-guru honorer yang sebelumnya belum mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kelayakannya."

(pal/pal)Detik