Kapan Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka?

Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka tidak lama lagi. Bagi yang berminat, catat jadwalnya jangan sampai terlewat!

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Teguh Widjinarko mengatakan pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka awal kuartal II atau April tahun ini.

"Bulan April Mei 2021 dibuka proses pendaftaran dan Juni 2021 mulai dilakukan seleksi," kata Teguh beberapa waktu lalu.

Pada intinya Menteri Keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021. Selanjutnya, Kementerian PAN-RB sedang menunggu pertimbangan teknis dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) untuk lowongan CPNS ini," tuturnya.Sebanyak 1,3 juta lowongan akan dibuka pada pendaftaran CPNS 2021 yang terdiri dari terdiri dari CPNS dan PPPK. Usulan formasi tersebut sudah disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku penyedia anggaran pengadaan pegawai pemerintah setiap tahunnya.

1. 1 juta guru PPPK melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk Pemda).Berikut rincian 1,3 juta formasi yang dibuka pada CPNS 2021:

2. Untuk Pemda (di luar guru) ditentukan sebesar sekitar 189 ribu yang terdiri dari, 70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

3. Pendaftaran CPNS 2021 juga dibuka untuk instansi pemerintah pusat sekitar 83 ribu dengan persentase 50% PPPK dan 50% untuk CPNS.

(aid/ara)Detik