Kabupaten Karanganyar Usulkan 108 Formasi Dalam Seleksi CPNS 2021

BKPSDM Kabupaten Karanganyar mengusulkan 108 formasi pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

BKPSDM Karanganyar Usulkan 108 Formasi Dalam Seleksi CPNS 2021Kepala BKPSDM Karanganyar, Suprapto.  

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karanganyar mengusulkan 108 formasi pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. 

Berdasarkan data yang dihimpun Tribunjateng.com dari BKPSDM Karanganyar,  jumlah PNS periode 2020 di Kabupaten Karanganyar ada sebanyak 8.949 orang. Jumlah tersebut terdiri dari pejabat fungsional tertentu, fungsional umum dan struktural. 

Kepala BKPSDM Karanganyar, Suprapto menyampaikan, jumlah usulan formasi CPNS tersebut berdasarkan hasil analisis jabatan (Anjab) di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Kami sudah mengusulkan jumlah kebutuhan CPNS saat pengajuan PPPK beberapa waktu lalu. Usulan berdasarkan Anjab. Memang masih ada beberapa formasi yang kosong," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (5/3/2021). 

Kendati demikian, lanjutnya, jumlah usulan tersebut belum tentu terpenuhi. Tergantung keputusan dari pemerintah pusat. Dia menuturkan, formasi yang diusulkan mayoritas tenaga teknis. 

"Bisa saja dikabulkan semuanya atau hanya separuh saja. Tapi bisa juga pengajuan kami tidak disetujui karena tidak ada anggaran untuk menyelenggarakannya," ucapnya. 

Di sisi lain Kabupaten Karanganyar juga kekurangan tenaga pendidik baik itu guru SD, SMP, guru agama dan olahraga. BKPSDM juga telah mengusulkan kebutuhan tenaga pendidik tersebut ke pemerintah pusat. 

"Ada sekitar 1.700. SD dan SMP. Tapi dari kementerian kemarin kalau guru, formasinya tidak ada yang PNS. Jadi semua kami ajukan sebagai PPPK," pungkasnya.Tribun Jateng