Jadwal, Syarat dan Cara Daftar Sekolah Kedinasan,Tertarik?

Pendaftaran sekolah kedinasan bisa diakses melalui dikdin.bkn.go.id 
DOK. Tangkapan Layar dikdin.bkn.go.id

Pendaftaran sekolah kedinasan bisa diakses melalui dikdin.bkn.go.id Sekolah kedinasan mulai membuka pendaftaran bagi calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Rencananya, pada bulan April 2021 sekolah kedinasan akan dibuka bersamaan dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), pendaftaran sekolah kedinasan adalah bagian dari rekrutmen lowongan CPNS 2021. Kesempatan tersedia bagi WNI yang memenuhi syarat.

Namun sebelum jadwal pendaftaran sekolah kedinasan dimulai, tak ada salahnya mengetahui syarat yang harus disiapkan peserta. Dilansir dari laman dikdin.bkn.go.id, berikut rangkumannya:

Syarat pendaftaran sekolah kedinasan 2021

Peserta wajib menyiapkan dokumen yang menjadi syarat pendaftaran sekolah kedinasan yaitu:

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah

4. Rapor SMA/Sederajat

5. Pas foto

6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Alur pendaftaran sekolah kedinasan 2021

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di alamat: https://sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian. Pelamar hanya dapat melamar di 1 Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang kamu pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan.

5. Pelamar memasukkan Nilai

6. Pelamar melengkapi Biodata

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)

9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau
sekolah kedinasan yang dipilih.

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian.

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.

Peserta pendaftaran sekolah kedinasan jangan sampai percaya hoaks. Sumber informasi bisa diperoleh di website atau medsos milik Kemenpan RB, BKN, atau sekolah kedinasan terkait. Kompas

Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan.

Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.