Jadwal Pelaksanaan Ujian Seleksi Guru PPPK 2021

Jangan Terlewat, Ini Jadwal Pelaksanaan Ujian Seleksi Guru PPPK
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada Raker dengan Komisi X DPR di Senayan Jakarta, Rabu (10/3/2021). Foto/Neneng Zubaidah

Pemerintah pusat menargetkan jadwal ujian seleksi penerimaan guru yang akan diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan mulai digelar pada Agustus mendatang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyebutkan, linimasa pada program seleksi guru PPPK ini ialah target ujian seleksinya akan dilakukan pada Agustus 2021 mendatang. Dia menyebutkan, setelah Agustus ujian seleksi akan dilanjutkan lagi pada Oktober dan Desember.

"Untuk ujian seleksi utama yang pertama akan ada tiga tes tahun ini. Di bulan Agustus adalah tes yang pertama," kata Mendikbud pada Rapat Kerja Komisi X DPR dengan Kemendikbud yang disiarkan daring, Rabu (10/3).

Dia menjelaskan, pada Agustus nanti ujian akan diikuti atau hanya akan memprioritaskan untuk guru honorer yang sudah mengajar di sekolah negeri. Lalu untuk ujian seleksi kedua dan ketiga akan dilakukan terbuka untuk semua guru honorer. Misalnya guru yang sudah mengikuti pendidikan profesi guru maupun guru baru.

Nadiem melanjutkan, pada Maret ini target yang akan diwujudkan adalah formasi final dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Selain itu juga sinkronisasi formasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan validasi oleh pemerintah daerah dan Kemendikbud.
(mpw)