Jadwal dan Syarat Daftar Sekolah Kedinasan, Mulai Bulan April 2021

tes CPNS di blitar
Foto: Erliana Riady/Jadwal dan Syarat Daftar Sekolah Kedinasan, Mulai Bulan April 2021

Sekolah kedinasan mulai membuka pendaftaran bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Buat yang belum tahu, sekolah kedinasan memberi kamu peluang langsung jadi PNS setelah lulus.

Dikutip dari situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), pendaftaran sekolah kedinasan adalah bagian dari rekrutmen lowongan CPNS 2021. Kesempatan tersedia bagi WNI yang memenuhi syarat.

"Rekrutmen bagi CASN akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran untuk sekolah kedinasan yang rencananya akan dimulai pada bulan April," kata Plt Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Teguh Widjinarko dilihat detikcom Minggu (28/3/2021).

Sebelum jadwal pendaftaran sekolah kedinasan dimulai, tak ada salahnya mengetahui syarat yang harus disiapkan peserta. Syarat dan alur pendaftaran bisa dilihat di Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Cpns Nasional Sekolah Kedinasan Tahun 2021.

A. Syarat pendaftaran sekolah kedinasan 2021

Peserta wajib menyiapkan dokumen yang menjadi syarat pendaftaran sekolah kedinasan yaitu:

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Rapor SMA/Sederajat
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

B. Alur pendaftaran sekolah kedinasan 2021

  1. Klik portal SSCASN di link https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCN sekolah kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun
  3. Login SSCN sekolah kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Unggah swafoto (selfie), pilih sekolah kedinasan, lengkapi nilai, biodata, dan berkas lain yang diperlukan
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran
  6. Berkas yang telah masuk akan diperiksa verifikator instansi (sekolah kedinasan)
  7. Login kembali ke SSCN untuk cek status kelulusan verifikasi administrasi
  8. Peserta yang lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing pembayaran, untuk informasi detail bisa cek di situs sekolah kedinasan terkait
  9. Cetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima atau dikonformasi sistem pendaftaran sekolah kedinasan
  10. Peserta bisa mengikuti proses seleksi sesuai syarat dan ketentuan sekolah kedinasan
  11. Informasi kelulusan diumumkan Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan Instansi di SSCN.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengingatkan, peserta hanya bisa mendaftar di satu sekolah Kedinasan. Syarat dan ketentuan lebih detail bisa cek di website masing-masing sekolah kedinasan.

Saran lain adalah peserta pendaftaran sekolah kedinasan jangan sampai percaya hoax. Sumber informasi bisa diperoleh di website atau medsos milik Kemenpan RB, BKN, atau sekolah kedinasan terkait.Teguh mengingatkan peserta mempersiapkan diri dengan baik dan teliti sebelum mendaftar sekolah kedinasan. Peserta harus memilih sekolah kedinasan yang sesuai minat dan kemampuannya.

(row/erd)Detik