Jadwal CPNS 2021, Yang Cari Kerja Jangan Sampai Lewat

cover topik/ test CPNS_luar 

Foto: cover topik/ test CPNS_luar - Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru dipastikan akan dibuka tahun ini. 

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko mengatakan pendaftaran CPNS dibuka pada Mei-Juni 2021.

Adapun kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia pada tahun ini mencapai 1,3 juta orang. Pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten atau kota paling banyak membutuhkan pekerja baru sebesar 1.221.816 orang sementara pemerintah pusat membutuhkan 83.880 orang.

Namun pada tahun 2021 ini, jumlah rencana penetapan jumlah PNS baru hanya 711.000 saja. Ini terbagi atas 74.384 untuk pemerintah pusat dan 637.243 untuk pemerintah daerah.

KemenPAN RB mengungkapkan perbedaan itu terjadi karena tidak semua instansi atau lembaga mengusulkan untuk membuka lowongan PNS baru. Tercatat hanya 466 instansi saja yang mengusulkan, terdiri atas 56 kementerian atau lembaga pemerintah pusat, 23 pemerintah provinsi, dan 387 pemerintah kabupaten atau kota.

Dari 74.384 jumlah rencana PNS yang akan mengisi tatanan pemerintah pusat, 65.829 orang di antaranya akan mengisi jabatan di kementerian atau lembaga instansi pemerintah. Sisanya akan mengisi posisi di sekolah-sekolah kedinasan.

Sementara di daerah, pembagian jumlah CPNS dibagi menjadi provinsi dan kabupaten atau kota. Dari 637.243 posisi, akan disediakan 126.342 posisi di tingkat pemerintah provinsi dan 510.901 posisi di tingkat kabupaten atau kota.

Sementara itu untuk jadwal seleksi CPNS sendiri juga dijabarkan dalam rilis ini. Untuk hal ini, kementerian PAN-RB membaginya dalam tiga golongan, yaitu untuk sekolah kedinasan, CPNS dan PPPK(Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)non guru, serta PPPK guru.

Untuk sekolah kedinasan, proses pendaftaran dibuka mulai tanggal 9 hingga 30 April 2021. Kemudian proses seleksi akan dimulai pada minggu ketiga Mei hingga minggu keempat Juni.

Sementara untuk proses pengumuman kelulusan belum diterangkan lebih jauh. Untuk CPNS dan PPPK non guru, belum ada informasi detil mengenai pendaftaran, seleksi, dan pengumuman.

Namun KemenPAN-RB menyatakan bahwa proses pendaftaran kemungkinan berjalan pada Mei hingga Juni 2021 sementara seleksi berjalan dari Juli hingga Oktober 2021. Memasuki November, KemenPAN-RB menyatakan tahapan penerimaan CPNS sudah memasuki tahap pengumuman kelulusan.

Sama halnya seperti CPNS dan PPPK non guru, untuk PPPK guru juga belum ada informasi yang detail mengenai jadwal seleksi. Tetapi dalam rilis itu dijelaskan bahwa tahapan pendaftaran PPPK guru akan berjalan dalam tiga gelombang seleksi, yang diprediksi akan terjadi di bulan Agustus, Oktober, dan Desember 2021.


(sef/sef) CNBC Indonesia