Formasi Terbanyak dalam Seleksi CPNS dan PPPK 2021


Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi berlangsung 27-31 Januari 2020. (Iqbal Nugroho)

Pemerintah akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNScalon pe), calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan Sekolah Kedinasan di sepanjang 2021.

Plt Deputi SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko mengatakan, komposisi rencana kebutuhan ASN 2021 di masing-masing lingkup Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Teguh menyebutkan bahwa formasi Guru memegang komposisi terbanyak dalam penetapan kebutuhan ASN 2021 mengingat Pemerintah akan melaksanakan rekrutmen 1 Juta Guru PPPK.

"Diikuti formasi Tenaga Kesehatan dengan komposisi terbanyak kedua dan dilanjutkan dengan Jabatan Fungsional Teknis lainnya,” jelasnya.

Teguh mengatakan Panselnas akan melakukan koordinasi lanjutan untuk memastikan sejumlah persiapan seleksi ASN 2021, mulai dari aspek pengawasan sampai dengan kematangan pelaksanaan yang masih disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.