Formasi Lengkap 1,3 Juta Lowongan CPNS 2021 Terungkap

Tes CPNS di Tengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto) Foto: Tes CPNS di Tengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memaparkan rencana pengadaan PNS (ASN/Aparatur Sipil Negara) pada 2021.

"Kementerian PANRB bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta BKN menyusun rencana ini sejak bulan Februari. Kementerian Keuangan juga berkontribusi dalam memberikan komitmen dukungan untuk penyediaan anggaran," jelas keterangan Tjahjo, dikutip Jumat (5/3/2021).

Adapun jumlah perekrutan CPNS di 2021 ini sebanyak 1,3 juta. Terdiri dari :
Guru PPPK 1.000.000 Formasi : Pelamar dari Guru Honorer Eks THK-2 dan Lulusan PPG

Pengadaan PNS di Pemerintah Pusat 83.000 Formasi (CPNS/CPPPK) : Sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi untuk berbagai jabatan yang dibutuhkan.

Pengadaan PNS di Pemerintah Daerah 189.000 Formasi : 70.000 PPPK JF selain guru dan 119.000 CPNS jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

Proses pengadaan tahun 2021 ini merupakan pengalaman pertama dalam merekrut sekitar1,3 juta pegawai, jumlah yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya," kata Tjahjo.

Perlu untuk merumuskan prosedur, memperkuat dukungan kebijakan, mengidentifikasi berbagai risiko, dan berbagai persiapan lain yang diperlukan, termasuk mencoba keajegan sistem seleksi secara online bersama BPPT dan BSSN.

(dru)CNBC Indonesia