Cara Akses Modul Latihan Seleksi Guru PPPK

Ilustrasi. Seleksi Guru PPPK. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim membuat platform berbasis internet yang dapat diakses guru untuk belajar mandiri sebelum mengikuti seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021.

"Sebagai dukungan persiapan seleksi, kami menyediakan materi pembelajaran yang dapat diakses secara daring. Walaupun bisa gagal (lolos seleksi) pertama, kami bisa memberikan kesempatan beberapa kali sama dengan 3 kali untuk lolos seleksi tes menjadi guru PPPK," kata Nadiem dalam acara yang disiarkan melalui Youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI, Rabu (3/3).

Untuk mengakses modul belajar tersebut, peserta tinggal mendaftarkan diri melalui laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id.


Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril mengatakan modul belajar tersebut dapat digunakan guru untuk menguasai dan memahami konten yang akan diujikan dalam seleksi nanti.

Seleksi PPPK akan menguji bidang ilmu yang sedang diajar, untuk guru honorer, atau ingin diajar, untuk lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Iwan meminta guru memperkaya pemahaman terhadap bidang ilmu yang digeluti.

"Saya mendorong bapak ibu semua yang sedang bersiap-siap menghadapi seleksi ASN PPPK ini bersikap proaktif dan mengambil inisiatif untuk mencari berbagai sumber belajar yang dapat memperkuat pengetahuan, memperkaya pemahaman terhadap konten yang menjadi amanahnya sebagai guru," tutur Iwan.

Sebelumnya, Kemendikbud menyiapkan skema rekrutmen guru tahun ini melalui seleksi PPPK. Seleksi ini terbuka untuk guru honorer dan lulusan PPG tanpa batasan umur, selama belum memasuki usia pensiun.

Kemendikbud bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyiapkan kuota 1 juta guru PPPK tahun ini. PPPK akan memiliki gaji setara dengan PNS.

(fey/ain)

CNN