Alasan Orang RI Ngebet Jadi PNS: Dapat Tunjangan hingga Fasilitas Lengkap

https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376760 alasan-orang-ri-ngebet-jadi-pns-dapat-tunjangan-hingga-fasilitas-lengkap-nCSXnQJnD7.jpg 
PNS (Foto: Okezone) Berbicara mengenai profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS), sampai saat ini masih menjadi impian bagi banyak orang di Indonesia. Terbukti dari setiap seleksi CPNS dibuka, masyarakat akan berbondong-bondong mendaftar.

Setidaknya ada dua alasan yang melandasi mengapa profesi PNS ini masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia.

1. PNS mendapat gaji tetap, belum termasuk tunjangan dan jaminan pensiun

Penghasilan yang tetap tersebut memungkinkan PNS memiliki kondisi keuangan yang stabil.

"Bahkan PNS yang ditempatkan di daerah tertentu mendapat fasilitas rumah, kendaraan dinas dan sebagainya. Jadi bagi para pencari kerja yang menginginkan stabilitas pendapatan mungkin tertarik melamar PNS," kata Ekonom Indef Bhima Yudistira saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta, Kamis (11/3/2021).

2. Pola pikir masyarakat Indonesia yang ingin menghindari risiko

Ekonom Core Piter Abdullah menilai, bekerja menjadi PNS tidak mudah mengalami PHK, kecuali ketika melakukan kesalahan yang sangat berat.

"Jadi ASN Masih menjadi primadona dikarenakan masyarakat kita masih sangat sederhana, tidak terlalu berambisi untuk kaya. Karena kalau mengejar kaya bukan jadi ASN pilihannya. Sederhana juga cara berpikir tidak mau ambil risiko," tambahnya.Okz