5 Fakta Peserta CPNS yang Covid Masih Bisa Ikut Seleksi, Begini Prokes Ujiannya

https: img.okezone.com content 2021 03 27 320 2384907 5-fakta-peserta-cpns-yang-covid-masih-bisa-ikut-seleksi-begini-prokes-ujiannya-vd3NYCtkmm.jpg 
Seleksi CPNS 2021 Siap Dibuka. (Foto: Okezone)  

Pemerintah akan membuka seleksi CPNS dan PPPK pada April 2021. Bagi yang kini sedang mengidap Covid-19 tak perlu khawatir, tidak bisa mengikuti tes menjadi abdi negara tersebut.

Terkait isu tersebut, Okezone telah merangkum beberapa fakta menarik, Minggu (28/3/2021).

1. Pelaksanaan Tes CPNS Akan Mengikuti Standar Protokel Kesehatan

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Hariaa Wibisana mengatakan, pada tahun akan tetap ada pelaksanaan tes CPNS pada tahun ini meskipun ada pandemi covid-19. Namun tetap pelaksnaan tes akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, BKN akan tetap menerapkan prosedur pelaksanaan ujian sesuai protokol kesehatan dalam rekrutmen ASN tahun 2021,” ujarnya dalam keteranganya, Kamis (25/3/2021).

2. Begini Cara dari BKN untuk Tes ke Peserta Covid-19

Salah satunya adalah dengan menghadirkan live score peserta melalui Youtube BKN agar hasil ujian dapat dipantau di mana saja. Sehingga tidak ada kerumunan yang terjadi saat sedang melihat scorenya.

3. BKN Belum Putuskan Apakah Akan Tes Online atau Offline

Hanya saja, BKN belum menyebutkan apakah pada tahun ini tes akan dilakukan secara online atau offline. Karena pembahasan masih sebatas mekanismer registrasi atau pendaftaran saja.

4. Kepala BKN Pastikan Ada Sarana Khusus Bagi Peserta Positif Covid-19

Kepala BKN Bima Hariaa memastikan bakal ada sarana khusus untuk tes bagi mereka yang sedang dinyatakan Positif Covid-19.

“Dalam rekrutmen ASN 2021 akan disediakan pula sarana khusus bagi peserta positif Covid-19 sehingga tetap dapat berkesempatan mengikuti seleksi,” jelasnya.

5. Begini Mekanisme Tes CPNS 2021 di Luar Negeri

Kepala BKN mengungkapkan untuk peserta seleksi di luar negeri akan tetap dapat mengikuti ujian di kantor KBRI setempat. Pada tahun lalu, ada sekitar 15 negara yang menyelenggarakan seleksi CPNS

"Memfasilitasi peserta ujian di luar negeri jadi pengalaman baru dalam pelaksanaan seleksi tahun 2020. Tahun lalu BKN sudah melaksanakan ujian seleksi di 15 negara lewat kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri," jelasnya. Okz