1 Portal Terintegrasi Sistem Seleksi CASN 2021

1 Portal Terintegrasi Sistem Seleksi CASN 2021 

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan pendaftaran Sekolah Kedinasan dilakukan menggunakan satu portal terintegrasi yakni portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN.

Menurut dia, hal itu untuk mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran.

“Kami telah melakukan peningkatan fitur SSCASN yang mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran,” ujar Bima , di Jakarta, Sabtu.

Dia menyebut, selain pendaftaran sekolah kedinasan, portal itu juga digunakan untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dia juga mengatakan dengan peningkatan fitur SSCASN, peserta seleksi ASN tidak perlu mengunggah sejumlah dokumen, seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat melakukan pendaftaran.

Portal SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemendikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi.

Adapun pengumuman pendaftaran Sekolah kedinasan dimulai 1 April 2021 menyesuaikan status tanggap darurat non-bencana pandemi Covid-19. Sementara, pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka pada 9 hingga 30 April 2021.

"Untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan pada 3 Mei 2021 (tentatif) menyesuaikan status tanggap darurat pandemi Covid-19. Sementara itu, dia menambahkan, pelaksanaan Seleksi Lanjutan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan, jadwal dan format ujian menyesuaikan status tanggap darurat pandemi Covid-19. (antara/jpnn)