Situs untuk Pendaftaran Penerimaan CPNS 2021

Tes CPNS dengan protokol kesehatan di Surabaya. ©JUNI KRISWANTO/AFP

Pemerintah berencana kembali membuka pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Negara (CPNS) 2021 pada April mendatang. Sebanyak 1,3 juta formasi dipersiapkan pada proses perekrutan tahun ini.

Nantinya pendaftaran penerimaan CPNS 2021 masih sama dengan tahun sebelumnya, melalui situs https://sscn.bkn.go.id.

Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko mengatakan, pihaknya saat ini masih terus menghitung formasi final CPNS 2021 beserta usulan pemerintah daerah (pemda) untuk alokasi 1 juta guru berstatus Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kerja (PPPK). Penetapan formasi ditarget pada Maret.

Pasca penetapan formasi, jadwal CPNS 2021 akan dilanjutkan pada proses pendaftaran yang dibuka pada April-Mei 2021. Setelah dilakukan pendaftaran, tahap seleksi akan dimulai pada Juni 2021.

"Pada intinya menteri keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021. Kementerian PANRB sampai saat ini masih menunggu pertimbangan teknis selanjutnya, yaitu pertimbangan teknis dari BKN (Badan Kepegawaian Negara)," tuturnya.

Menteri Tjahjo: Banyak Kementerian Tidak Rekrut CPNS Baru

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah sudah sepakat untuk mengurangi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru. Bahkan di lingkungan Kementerian PAN-RB untuk tahun ini tidak banyak melakukan rekrutmen.

"Kementerian PANRB untuk 2021 dan banyak kementerian tidak banyak rekrut baru (CPNS)," kata dia dalam rapat kerja bersama dengan Komisi II DPR RI, di Jakarta.

Dia mengatakan, jika memang ada kementerian atau lembaga terkait yang banyak PNS-nya sudah memasuki masa pensiun, tidak serta merta langsung dilakukan rekrutmen baru. Sebab, rekrutmen baru kali ini tidak dihitung tidak berdasarkan jumlah pensiunan PNS.

"Misalnya yang pensiun 100 menerimanya tidak harus 100, mungkin bisa 25-50 dengan berbagai inovasi-inovasi baru," kata dia.

Dia menambahkan, sejauh ini pemerintah juga masih menghitung berapa jumlah kebutuhan CPNS tahun ini. Hitung-hitungan dilakukan masih bersifat dinamis yakni 1,6 juta untuk tenaga administrasi.

"Ini akan dijawab oleh kementerian kemendikbud dan mendagri termasuk tenaga guru ada 1 juta. Ada tambahan juga untuk dokter, perawat, bidan dan juga tenaga penyuluh," kata dia.

[bim]

Merdeka