Jadwal Pendaftaran hingga Tes CPNS 2021!,Siapkan Dokumen

Infografis/Syukurlah....Ada 1,3 Juta Lowongan CPNS di 2021/Aristya Rahadian Foto: Infografis/Syukurlah....Ada 1,3 Juta Lowongan CPNS di 2021
Pemerintah Indonesia kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021.

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko mengatakan, saat ini hanya tinggal menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Setelah pertimbangan teknis disepakati oleh BKN maka CPNS akan segera diumumkan.

"Rencananya bulan Maret akan ditetapkan formasinya, dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftaran," ujarnya kepada CNBC Indonesia, "Juni mulai dilakukan seleksi."

Namun, ia menekankan bahwa kebijakan ini akan dilakukan jika tidak ada situasi darurat seperti tahun sebelumnya. Di mana pada tahun 2020, seleksi CPNS ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Melalui pembukaan CPNS ini, setidaknya RI membutuhkan 1,3 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) baru.

Adapun rincian kebutuhan 1,3 juta ASN ini adalah 1 juta untuk guru melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dialokasikan kepada daerah-daerah di Indonesia.

Kemudian sebanyak 189 ribu ASN akan dialokasikan untuk Pemerintah Daerah (Pemda). Namun jumlah ini di luar guru.

Selanjutnya, sebanyak 83 ribu ASN baru akan dipekerjakan untuk kebutuhan Pemerintah Pusat. Jumlah ini akan dipenuhi melalui PPPK 50% dan CPNS 50%.

Meski belum ada informasi tahapan seleksi CPNS resmi yang diumumkan oleh pemerintah. Namun, tahapan seleksi CPNS dari tahun ke tahun memang tidak jauh berbeda.

Contohnya, seleksi administrasi yang dilakukan pada portal sscn.bkn.go.id terlebih dahulu. Peserta harus mendaftar dulu untuk mendapat kartu pendaftaran. Setelah itu, peserta juga akan diminta untuk mengunggah beberapa dokumen yang nanti akan diverifikasi.

Peserta juga tidak perlu khawatir bingung soal daftar dokumen yang diperlukan, sebab pada situs tersebut akan terpampang secara jelas persyaratan dokumennya.

Jika dinyatakan lulus, peserta bisa melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Tes ini akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). Nah, jenis soal yang ada pada tahapan tersebut, yakni soal-soal tentang pengetahuan umum dan kemampuan berhitung.

Kemudian, ada seleksi kompetensi bidang (SKB) yang meliputi tes substantif bidang, psikotes, wawancara, tes fisik, hingga tes keterampilan untuk beberapa jabatan.

Untuk pengumuman kelulusan, setelah melalui tahapan tes, peserta bisa cek pengumuman kelulusan melalui website masing-masing instansi. Saat dinyatakan lulus, peserta hanya tinggal melengkapi beberapa dokumen untuk pemberkasan.

(dob/dob)CNBC Indonesia