Bocoran Lowongan CPNS 2021

Tes CPNS di Tengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto) Foto: Tes CPNS di Tengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto) Jika tertarik untuk menjadi abdi negara, pemerintah akan kembali membuka Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak lama lagi. Pendaftaran tersebut akan dibuka pada awal kuartal II tahun 2021.

"Rencananya bulan Maret akan ditetapkan formasinya dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftarannya. Dan Juni mulai dilakukan seleksi," ungkap Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Teguh Widjinarko, kepada CNBC Indonesia.

Kebijakan tersebut sudah diajukan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan telah mendapat persetujuan. Dia menambahkan jika Kementerian PAN-RB masih menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).>

Jika semua sudah selesai akan segera diumumkan. "Asumsinya jika tidak ada kebijakan yang bersifat darurat ya," kata Teguh.

Untuk CPNS 2021 ini akan membuka 1,3 juta formasi. Angka itu terdiri dari 1 juta guru PPPK dengan skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk Pemda).

Lalu Pemda di luar guru sebesar 189 ribu, terdiri dari 70 ribu PPPK jabaran fungsional selain guru dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

Untuk instansi pemerintah pusat dibutuhkan 83 ribu dengan persentase masing-masing 50% PPPK dan CPNS.

Tes CPNS di Tengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto) Foto: Tes CPNS di Tengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Masyarakat diharuskan mendaftar dulu sebelum mendapatkan kartu pendaftaran. Setelahnya akan diminta mengunggah sejumlah domunen yang akan diverifikasi.

Jika sudah dinyatakan lulu, maka dapat melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Tes akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), jenis soalnya terdiri dari pengetahuan umum dan kemampuan berhitung.

Setelah itu akan ada seleksi kompetisi bidang atau SKB. Tes akan terdiri dari tes substantid bidang, psikores wawancara, tes fisik, hingga tes keterampilan untuk sejumlah jabatan.

Setelah melalui tahapan tes, maka pengumuman keliliusannya bisa melalui website di masing-masing instansi. Terakhir jika dinyatakan lulus maka harus melengkapi sejumlah dokumen untuk pemberkasan.

(roy/roy)CNBC