Formasi Prioritas yang Dibutuhkan di Lowongan CPNS 2021

Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy >

Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan segera dibuka. Beberapa formasi bakal jadi prioritas penerimaan CPNS tahun ini.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko, formasi CPNS 2021 yang dibutuhkan tidak jauh dari bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis lainnya yang dibutuhkan untuk instansi pemerintahan.

"Formasi yang dibutuhkan masih pada prioritas tenaga kesehatan, pendidikan dan tenaga-tenaga teknis yang dibutuhkan dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan jangka menengah dan panjang," kata Teguh ,Minggu (27/12/2020).

Pemerintah hanya akan menetapkan formasi CPNS 2021 setelah dipastikan bahwa posisi itu benar-benar dibutuhkan dalam upaya untuk mendukung pencapaian prioritas pembangunan.

Saat ini belum diketahui berapa jumlah setiap formasi yang dibuka. Yang jelas, 1 juta formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga guru pada 2021 sudah pasti disediakan. Seleksi untuk formasi bidang pendidikan ini akan berlangsung sebanyak tiga kali seleksi hingga mencapai jumlah kebutuhan.

"Saat ini (jumlah) kita masih menghimpun data kebutuhan dari masing-masing instansi (pusat dan daerah), nanti setelah ini selesai dan ada pertimbangan Menteri Keuangan dan BKN, baru lah bisa kita tetapkan," ucapnya.

"(Pendaftaran) setelah bulan Mei, tapi belum ditentukan tanggalnya," tuturnya.Belum diketahui pasti kapan pelaksanaan pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS 2021. Namun Teguh memperkirakan pendaftaran baru bisa dibuka setelah bulan Mei.

(ara/ara)