Benarkah Tidak Ada Lagi Penerimaan Guru Berstatus CPNS pada 2021?

Ilustrasi guru dan siswa di sekolah Dok. Ditjen GTK KemdikbudIlustrasi guru dan siswa di sekolah Pemerintah berencana membuka rekrutmen 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan seleksi dilakukan karena masih banyak sekolah yang kekurangan guru.

Lantas, apakah tidak ada lagi formasi penerimaan guru berstatus CPNS pada 2021?

Bima menjelaskan tidak benar jika disebut bahwa penerimaan guru berstatus CPNS tidak akan ada lagi.

Menurutnya, rekrutmen guru berstatus CPNS pada 2021 memang ditiadakan, karena fokus tahun ini hanya untuk PPPK sebanyak 1 juta orang.

"Tetap akan ada (penerimaan guru berstatus CPNS) tapi tidak dibuka pada 2021, karena kebutuhan rekrutmen pada 2021 ini guru PPPK," ujarnya , Selasa (6/1/2021).

Pembukaan rekrutmen guru CPNS

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa memastikan detail kapan pembukaan rekrutmen guru CPNS tersebut.

Hal itu, imbuhnya bergantung pada jumlah kebutuhannya.

"Apakah akan ada CPNS? Ini nanti harus dihitung formasi-formasi yang pensiun berapa dan apakah formasi-formasi itu diperuntukkan untuk CPNS," tuturnya.

Lebih lanjut, Bima menjelaskan, guru berstatus PNS tetap diperlukan, akan tetapi jumlahnya sedikit. 

Beberapa formasi yang membutuhkan status PNS antara lain kepala sekolah dan pengawas.

"Kepala sekolah, pengawas, statusnya guru tapi harus PNS. Tidak semua guru statusnya akan PPPK," kata Bima.

Rekrutmen 2021 disebut terbesar

Dia juga mengatakan bahwa jumlah rekrutmen 2021 adalah yang terbesar, tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia.

"5 kali lipat dari yang biasa kami lakukan. Saya rasa ini rekor, tak hanya di Indonesia, tapi rekor dunia," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, BKN memastikan tidak ada penerimaan guru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada CPNS 2021.

"Sementara ini Bapak Menpan, Bapak Mendikbud, dan kami sepakat bahwa untuk guru itu akan beralih menjadi PPPK jadi bukan CPNS lagi," kata Bima melalui konferensi pers virtual, 29 Desember 2020, 2 Januari 2021.

Lalu Mendikbud Nadiem Makarim pada Selasa (5/1/2021) memastikan lewat instagram-nya @nadiemmakarim bahwa formasi CPNS guru ke depan akan tetap ada.

"Ingin saya koreksi mispersepsi di media bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud," kata Nadiem, Rabu (6/1/2021).

"Saya menegaskan bahwa formasi CPNS guru ke depan akan tetap ada karena kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," lanjutnya.

Namun, ia menyebut bahwa pada tahun ini, 2021, pemerintah memang akan fokus merekrut guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta lewat jalur PPPK.

"Kami mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) melamar lewat jalur PPPK," imbuh dia.

KOMPAS/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Rincian Terbaru Gaji Pensiunan PNS