Search Cari

Passing Grade CPNS Diturunkan?

Akankah Soal Tes Dipermudah? TOTOK WIJAYANTOPeserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Senin (9/10/2017). Profesi PNS tidak menjadi pilihan pertama mayoritas anak muda yang kini masih berstatus mahasiswa. Passing grade atau nilai ambang batas tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 memang lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Turunnya passing grade ini diatur melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019.
Adapun nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2019, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) sebesar 60, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65.
Plh. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, kendati passing grade diturunkan, tidak ada jaminan bahwa soal lebih mudah.
Ridwan menjelaskan, pertimbangan bobot nilai ambang batas CPNS sudah lewat beberapa pertimbangan, termasuk masukan dari berbagai kementerian/lembaga dan instansi pemerintah lain.
"Semua segi semua sudut sudah dilihat. Mereka (kementerian dan berbagai instansi pemerintah) menyampaikan beberapa hal yang diperlukan," kata Ridwan lewat siaran resmi, Senin (2/12/2019).
"Result dari itu, (ada) penurunan (passing grade) jika dibandingkan dengan tahun lalu. Tapi belum tentu lebih gampang soalnya, bisa saja lebih sulit," lanjut dia.
Menurut Ridwan, soal yang disiapkan untuk CPNS tahun ini terdiri dari ratusan ribu soal.
"Ratusan ribu (soal) ini yang akan diacak (saat pelaksanaan tes)," ujar dia.
Pembuatan soal CPNS tahun ini, lanjut Ridwan, melibatkan 18 konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.
"Kalau tahun lalu ada 10 konsorsium PTN di Indonesia yang ikut," paparnya.
Seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan soal ini dikoordinasi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sebelumnya, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja memastikan adanya perbedaan soal SKD tahun ini dengan sebelumnya.
"Setiap tahun kami ada update soal tersebut," kata Setiawan, Rabu (30/10/2019) lalu.
Keamanan soal-soal SKD, bank soal dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Sementara yang memegang kunci saat soal akan digunakan antara lain Kementerian PANRB, BKN, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Mereka tidak boleh sembatangan membuka dan harus sesuai prosedur," ujar Setiawan.
Rekrutmen dan seleksi CPNS 2019 diselenggarakan oleh tim Panselnas 2019 yang terdiri dari berbagai pihak, seperti Menteri PANRB sebagai ketua tim pengarah, BPKP sebagai ketua tim pengawas, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai tim audit teknologi, BSSN sebagai tim pengamanan teknologi, Kementerian PANRB dan akademisi sebagai tim quality assurance, serta Konsorsium PTN oleh Kemendikbud dan tim pelaksana yang diketuai Kepala BKN.