Search Cari

Wafak, Jimat Paling Diburu Peserta CPNS 2019

Foto: Anisa Indraini Foto: Anisa Indraini Banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Tentu dari sekian banyak peserta yang melamar tidak akan lolos semua. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan membeli jimat.

Sebagian dari masyarakat masih meyakini adanya jimat bisa membantu memperlancar tes CPNS.

Seorang pedagang jimat di Jakarta Gems Center (JGC) bernama Awan mengatakan, salah satu jimat yang kerap kali dicari oleh peserta CPNS adalah wafak jenis kulit sapi.
"Jimat ini yang biasanya dicari saat tes CPNS. Tapi khasiatnya juga macam-macam. Buat daya pikat, buat dagang juga bisa penglaris, buat yang punya hajat, macam-macam lah," katanya saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (23/11/2019).

Jenis wafak kulit sapi sendiri ada 2 macam bentuknya, persegi empat dan persegi panjang. Jika dipegang, jimat ini sangat ringan dan tidak terasa berat. Terlihat juga ada tulisan arab gundul yang sudah ditulis di bagian depan maupun belakang dengan warna cokelat.

"Wafak kulit yang persegi empat ini biasanya ditaruh di dompet, saku. Kalo yang persegi panjang biasanya buat ikat pinggang," jelasnya.

Di lapak Awan, wafak kulit sapi dibandrol sesuai bentuk. Ukuran persegi empat dijual Rp 15 ribu/jimat. Sedangkan ukuran persegi panjang dijualnya dengan harga Rp 25 ribu/jimat.

Sementara itu, pedagang lainnya David menjual jimat wafak kulit sapi bisa Rp 50 ribu /jimat. Menurutnya, wafak kulit yang ia jual di lapaknya merupakan dari kulit sapi asli.

"Kalo saya jual Rp 50 ribu/jimat. Ya memang tergantung kalo saya dari kulit sapi asli," tuturnya.