Search Cari

Pengakuan Pedagang soal Jimat yang Bisa Luluskan Tes CPNS

Ilustrasi. Foto: Muhammad Idris/detikFinance Ilustrasi. Foto: Muhammad Idris/detikFinance Sejumlah peserta ujian CPNS kedapatan banyak yang membeli jimat. Perbuatan nyeleneh itu dimaksudkan agar bisa lulus tes CPNS.

Lantas, apa benar memakai jimat dijamin lulus tes CPNS?

Salah seorang pedagang jimat  di Pasar Jakarta Gems Center (JGC), Jatinegara, Awan (33) mengungkap bahwa jimat yang dijualnya sebenarnya tidak menjamin peserta CPNS akan lulus tes.
"Ini sebenarnya cuma media aja. Nggak ada jaminan (lulus) sebenarnya," tutur Awan saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (23/11/2019).

Menurutnya, memakai jimat hanyalah sebagai sugesti agar bisa lebih percaya diri saat menghadapi ujian. Untuk hasilnya sendiri, tergantung pada keyakinan masing-masing orang.

"Ini sebenarnya sugesti aja tergantung keyakinan kita, dan kembali lagi keyakinan kita kepada Allah itu seberapa besarnya," kata Awan.



Pedagang jimat lainnya David (35) menjelaskan bahwa jimat yang dijual di pasaran belum memiliki kekuatan, sehingga jika langsung digunakan pengaruhnya tidak terlalu kuat.


"Jadi ini cuma media aja, belum ada isinya. Nanti yang ngisi itu biasanya orang pintar," ujarnya.

Diungkapkannya, bahwa pembelinya rata-rata adalah paranormal. Dari paranormal lah yang baru akan mengisi kekuatan di jimat tersebut.

"Yang beli jimat itu ya rata-rata paranormal, mereka yang lebih tahu fungsinya buat apa, dan tergantung mereka buat apa. Jadi kita kan kayak jual bahan jimat saja," terang Awan.

Adapun jimat-jimat ini dibanderol dari Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu/jimat. Sementara, khusus jimat yang sudah memiliki kekuatan harganya bisa mencapai Rp 5 jutaan.

"Ini makanya murah karena belum ada kekuatannya. Kalo udah sama paranormal bisa lain lagi harganya, bisa Rp 5 jutaan mungkin," pungkas David.