Search Cari

Pendaftar CPNS Kabupaten Dairi Tembus 17 Ribu, Formasi CPNS Dairi 285

Minat menjadi CPNS di Dairi, Sumatera Utara sangat tinggi. Jumlah pendaftar mencapai hampir 60 lipat dari kebutuhan.
Minat masyarakat Kabupaten Dairi, Sumatera Utara untuk menjadi pegawai pemerintah sangat tinggi. Tercatat, jumlah pendaftar jauh di atas jumlah kebutuhan 

Hingga Selasa, 26 Nopember 2019, jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) mencapai angka 17.271 orang. Sementara kebutuhan yang ada, hanya untuk 285 formasi. 

Sesuai surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi 285 formasi itu terdiri dari tenaga pendidikan 222 orang dan tenaga kesehatan 63 orang.


"Waktu pendaftaran CPNS Dairi, diperpanjang satu hari dari jadwal sebelumnya, 11-25 Nopember 2019 menjadi 11-26 Nopember 2019," tutur Kepala Sub Bidang Pemberhentian Pengadaan dan Informasi pada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Dairi, Rico Sihombing, ditemui wartawan di kantornya, Rabu, 27 November 2019.

Kami selanjutnya akan melakukan verifikasi berkas setelah mereka dinyatakan lolos di pendaftaran.

Menurut Rico, jumlah pelamar CPNS Dairi tahun 2019 ini diakui membeludak. Bahkan lebih banyak dibanding peminat di tahun 2018 lalu. Tahun lalu, pelamar hanya 2.100 orang dengan jumlah formasi 269 orang.

Jumlah pendaftar kemungkinan masih bertambah karena jumlah pelamar yang disampaikan belum dihitung hingga batas waktu akhir pendaftaran. 

Ditambahkan, formasi paling banyak dilamar, yakni formasi D3 Kebidanan. Sudah lebih dari 4000 pelamar, padahal yang dibutuhkan 47 formasi. 

Hingga saat ini, semua formasi telah melebihi kuota yang ditetapkan. Termasuk untuk formasi dokter gigi yang tahun lalu  tidak ada peminat. "Kami selanjutnya akan melakukan verifikasi berkas setelah mereka dinyatakan lolos di pendaftaran," imbuh dia.