Search Cari

Pendaftar CPNS di Abdya Minim, Pelamar Sebut Jaringan Internet Lambat, Pihak BKPSDM Membantah

Pemkab Abdya membuka formasi CPNS tahun 2019 sejumlah 138 orang, termasuk 3 orang penyandang disabilitas. Pendaftar CPNS di Abdya Minim, Pelamar Sebut Jaringan Internet Lambat, Pihak BKPSDM Membantah drh Hj Cut Hasnah Nur, Kepala BKPSDM Abdya 

Pemkab Abdya membuka formasi CPNS tahun 2019 sejumlah 138 orang, termasuk 3 orang penyandang disabilitas.
Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya
Memasuki hari keempat pendaftaran, Rabu (13/11/2019), pelamar CPNS yang mendaftar di Lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tahun 2019, relatif masih minim.
Pelamar mendaftar melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) https:// sscasn.bkn.go.id.
Pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 11 November sampai 25 November 2019.
Pemkab Abdya membuka formasi CPNS tahun 2019 sejumlah 138 orang, termasuk 3 orang penyandang disabilitas.
Rinciannya, 71 tenaga pendidikan (guru), 35 tenaga kesehatan dan 32 tenaga teknis lainnya. 

Beberapa pelamar mengaku pendaftaran terkendala jaringan internet yang sangat lambat, terutama pada siang hari.
Banyak di antara mereka baru berhasil mendaftar pada malam hari.
Kepala  Badan Ke, Kamis (14/11/2019) membantah jaringan internet lambat.
Hal sama disampaikan Kabid Pembinaan dan Pengembangan SDM, Merry.
Merry mengakui hingga sore tadi, pelamar yang sudah mendaftar (submit) sebanyak 20 orang.
Sedangkan pelamar yang sudah membuat akun atau mengisi formulir mencapai 229 orang.
Data tersebut dipantau Admin pada Kamis sore, tadi.
Tentang masih relatif minim jumlah pendaftar CPNS, menurut Merry, diduga masih banyak peserta masih melihat pernyaratan dan melihat peluang pilihan.
“Kalau jaringan tak ada masalah,” katanya.  
Menurut Merry, awal-awal dibuka pendaftaran memang biasa minim jumlah pendaftar.
Pasalnya banyak di antara mereka masih lihat-lihat formasi dan persyaratan, termasuk mempersiapkan bahan yang akan diunggah ke dalam sistem.

Ketika mendaftar CPNS Kabupaten Abdya tahun 2019 di laman sscasn.bkn.go.id, pelamar akan diminta untuk mengunggah sedikitnya 9 dokumen.
Diantara dokumen yang diminta diunggah adalah surat lamaran, ditulis  dengan tinta hitam yang ditujukan Kepada Bupati Aceh Barat Daya.
Surat lamaran tersebut ditandatangani di atas meterai 6000,
Bagi pelamar jabatan guru yang belum memiliki Sertifikat Pendidikan (serdik), maka perlu diunggah surat pernyataan bersedia  mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Pernyataan ini berisikan kesediaan pelamar menanggung sendiri biaya PPG  yang ditandatangani di atas meterai 6000.
 Ada pun sembilan dukumen yang perlu diunggah pelamar ketika mendaftar sebagai CPNS Kabupaten Abdya dalam bentuk scan di situs resmi https:// sscasn.bkn.go.id, sebagai berikut.
1. Swafoto dengan kartu identitas dan kartu informasi Akun,
2. Kartu Tanda Penduduk/Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Kartu Keluarga,
3. Pasfoto dengan latar belakang warna merah ukuran 4x6,
4. Surat Lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam ditujukan kepada Bupati Aceh Barat Daya dan ditandatangani di atas meterai 6000.
5. Ijazah asli + STR asli bagi tenaga kesehatan/sertifikat pendidik asli sesuai dengan jabatan guru yang dilamar (linier).
6. Transkrip Nilai asli.
7. Bukti Pergurunan Tinggi dan Program Studi terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Pusdiknaker/LAM-PTKes.
8. Surat Pernyataan Bersedia Mengikuti Pendidikan Profesi Guru dengan biaya sendiri yang ditandatangani di atas meterai 6000 bagi pelamar jabatan guru yang belum memiliki Serdik.
9. Bagi Pelamar dengan kriteria disabilitas, ditambah dengan surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasnya (pelamar dengan kriteria disabilitas dapat melamar pada formasi umum di Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah untuk jabatan Ahli Pertama-Pranata Komputer).
Dokumen pada angka 7,8,dan 9 digabung menjadi satu file lalu diunggah pada ‘Dokumen Pendukung Lainnya’.

Berkas Lamaran Tak Perlu Diserahkan ke Pansel  

Pelamar yang sudah berhasil mendaftar tidak perlu lagi menyerahkan berkas pendaftaran (dokumen manual) kepada  Panitia Seleksi (Pansel) CPNS Kabupaten Abdya.
“Pansel CPNS Abdya tak menerima berkas secara langsung maupun via Pos, baik pelamar dari luar dan dalam Abdya. Pansel cukup menggunakan bahan yang sudah diupload oleh peserta dalam sistem saja,” kata Kepala  BKPSDM Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur, Rabu (13/11/2019).
Hal itu dilakukan untuk lebih mempermudah atau tidak membuat sibuk peserta. Pelamar baik berasal dari luar dan dalam Kabupaten Abdya, tidak perlu lagi repot-repot menyerahkan berkas pendaftaran kepada Pansel sebagaimana proses penerima CPNS sebelumnya.
Pemberkasan dilaksanakan setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi CPNS.
Soal lokasi seleksi CPNS, Kepala BKPSDM Abdya, Cut Hasnah Nur akan ditentukan oleh Kepala Kantor Regional BKN Aceh  dan akan segera diumumkan.    
Dalam hal ini diingatkan bahwa kelulusan peserta adalah prestasi dan hasil kerja peserta itu sendiri.
“Jika ada pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, baik dari Pegawai Pemkab Abdya atau dari pihak lain, maka hal tersebut adalah tindak penipuan,” tegas Cut Hasnah Nur.
Alur Pendaftaran
Kepala BKPSDM Abdya itu kembali mengingatkan kepada pelamar agar benar-benar memperhatikan alur pendaftaran CPNS 2019 sebagai berikut;
1.     Pelamar membuat Akun pada https:// sscasn.bkn.go.id dengan cara; isi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (No.KK) atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK). Isi biodata dan kolom lainnya, Unggah pasfoto dan cetak informasi akun.
2.     Pelamar log in ke https:// sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan pasword yang telah didaftarkan.
3.     Pelamar mengunggah swafoto dengan Kartu Indentitas dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.
4.     Pelamar melengkapi data diri;
5.     Pelamar memilih instansi Pemkab Abdya, dilanjutkan jenis formasi jabatan sesuai kualifikasi pendidikan, lokasi formasi, dan lokasi tes, serta mengisi data lain yang harus dilengkapi.
6.     Pelamar mengunggah dokumen dalam bentuk scan sesuai persyaratan yang telah ditentukan.
7.     Pastikan dokumen yang diunggah dapat terbaca. Kesalahan dalam mengunggah dokumen dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi.
8.     Simpan data yang telah dicek pada form resume dan pastikan data tersebut telah terisi dengan lengkap dan benar.
9.     Cetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019 untuk digunakan sebagai bukti telah menyelesaaikan proses pendaftaran.
Seperti diberitakan, Pemkab Abdya menetapkan persyaratan Indek Prestasi Komulatif (IPK) bagi pelamar CPNS tahun 2019. 
Pelamar atau pendaftar putra daerah Abdya disyaratkan IPK minimal 2,50.
Sedangkan pelamar berasal dari luar Abdya dalam Provinsi Aceh persyaratan IPK minimal 3,00 dan pelamar berasal dari luar Provinsi Aceh IPK minimal 3,50.
Persyaratan tersebut dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el)  dan Kartu Keluarga (KK) pelamar.
Persyaratan lainnya, bersedia mengabdi pada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apa pun sekurang-kurangnya selama 10 tahun.
Disabilitas
Dari  alokasi sejumlah 138 CPNS Lingkup Pemkab Abdya) yang diterima tahun 2019, tiga diantaranya khusus penyandang disabilitas.
Tiga alokasi CPNS khusus penyandang disabilitas dengan kualifikasi pendidikan S-1 Teknik Informatika/S-1 Informatika.
Jika lulus seleksi mereka akan ditempat pada jabatan Ahli Pertama-Pranata komputer pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Abdya.
Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4), dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Suber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya.
Kepala   BKPSDM Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur melalui Kabid Pembinaan dan Pengembangan SDM, Merry d, Selasa (12/11/2019) siang menjelaskan, penerimaan CPNS dari khusus penyandang disabilitas sudah diatur dalam Permen Menpan RB RI.
Berdasarkan peraturan tersebut, dari alokasi CPNS tahun 2019 harus ada 2 persen dari penyandang disabilitas dengan perlakukan khusus. Itu berarti dari 138 CPNS yang diterima tahun ini, maka harus ada 3 orang dari penyandang disabilitas.
Selain tiga disabilitas yang akan ditempatkan pada jabatan ahli pertama- pranata komputer pada Disdikbud, DPMP4 dan BKPSDM, menurut Cut Hasnah Nur, ada satu lagi formasi umum  yang bisa dilamar penyandang disabilitas.
Formasi dimaksud adalah pada Bagian Adminsitrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Abdya, dibutuhkan satu orang jabatan ahli pertama- pranata computer dengan kualifikasi pendidikan S-1 Teknik Informatika/S-1 Informatika.
Bedanya, formasi pranata kumputer pada Bagian Adminsitrasi Pembangunan tidak ada perlakukan khusus.
“Artinya, jika dalam proses seleksi tak memenuhi nilai passing grade, maka bisa diisi oleh pelamar dari  umum,” katanya.

Aceh Trbn