Search Cari

Pelamar CPNS Kota Bekasi Lebih dari 2.600

MASRIADIIlustrasi PNS.


Selama pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019, Pemerintah Kota Bekasi menerima 3.600 lebih pelamar. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi, Karto.
"Yang sudah mendaftar sekitar 3.600 orang. Yang memenuhi syarat administrasi sekitar 2.600-an, lah," ujar Karto ditemui Kompas.com di Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Jumat (29/11/2019) petang.
Ia menyatakan, jumlah pendaftar maupun CPNS yang lolos seleksi administrasi untuk Pemkot Bekasi menurun dibandingkan jumlah tahun lalu. Namun, Karto enggan merinci persentase penurunan tersebut.


"Karena kan kalau tahun lalu tidak serentak. Kalau tahun ini kan serentak se-Indonesia bersamaan," kata dia.
Meskipun dibuka secara umum, dalam artian bebas bagi warga domisili mana pun, jumlah pendaftar CPNS 2019 untuk Pemkot Bekasi masih didominasi oleh warga domisili Kota Bekasi. Formasi tenaga kependidikan jadi yang paling banyak diincar.

"Warga Kota Bekasi-nya sekitar 60-an persen lah. Paling banyak guru, selain juga karena kuotanya paling besar," ujar Karto.
Sebanyak 171 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka tahun 2019 ini di Kota Bekasi bagi calon tenaga pendidik (106), kesehatan (55), dan teknik (10). Di dalamnya, ada 6 formasi khusus jalur cumlaude dan disabilitas tunadaksa.
Jika Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan membuka lowongan bagi tenaga pendidik dan kesehatan, kata Karto, lowongan tenaga teknik dibuka di Dinas Tata Ruang, Dinas Permukiman dan Pertanahan, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).