Search Cari

Pelamar CPNS Kabupaten Aceh Barat Daya Tembus 4.633 Orang,Pendaftaran CPNS Abdya Ditutup Besok Malam

Para pelamar akan memperebutkan formasi 138 orang CPNS Lingkup Pemkab Abdya tahun 2019. Termasuk 3 orang penyandang disabilitas.
Pendaftaran CPNS Abdya Ditutup Besok Malam, Pelamar Tembus 4.633 Orang
Hand-over dokumen pribadi
drh Hj Cut Hasnah Nur, Kepala BKPSDM Abdya.  Para pelamar akan memperebutkan formasi 138 orang CPNS Lingkup Pemkab Abdya tahun 2019. Termasuk 3 orang penyandang disabilitas. Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

Jadwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) tahun 2019, ditutup Sabtu (30/11/2019) besok pukul 23.59 WIB.
Panitia pelaksana (pansel), akan mengumumkan hasil seleksi pada 23 Desember mendatang.
Ada pun jumlah pelamar yang sudah mengisi formulir sampai Jumat (29/11/2019) sore tadi, mencapai 4.633 orang.
Dari jumlah tersebut,  sudah berhasil mendaftar (submit) sebanyak 4.338 orang.
“Jumlah peserta akan bertambah sampai ditutup jadwal pendaftaran Sabtu malam, pukul 23.59 WIB,” kata  Kepala  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur, melalui Kabid Pembinaan dan Pengembangan SDM, Merry  , Jumat sore.
Para pelamar akan memperebutkan formasi 138 orang CPNS Lingkup Pemkab Abdya tahun 2019.

Termasuk 3 orang penyandang disabilitas.
Rincian formasi yang diterima terdiri atas  71 tenaga pendidikan (guru), 35 tenaga kesehatan, dan 32 tenaga teknis lainnya. 
Formasi jabatan yang paling banyak pendaftar adalah jabatan tenaga kependidikan (guru).
Sedangkan formasi jabatan kosong pelamar adalah di tenaga Ahli Pertama-Penata Anestesi Kualifikasi Pendidikan S1 Anatesi/D-IV Keperawatan Anatesi. 
Padahal, untuk jabatan ini dibutuhkan 3 orang kebutuhan pada RSU Teungku Peukan.
Pelamar dari penyandang disabilitas di mana sebelum perpanjangan jadwal pendaftaran masih kosong pendaftaran, namun hasil pantauan Jumat sudah ada 2 orang pendaftaran.
Kebutuhan CPNS dari penyandang disabilitas sebanyak 3 orang.
Kepala BKPSDM Abdya, Hj Cut Hasnah Nur lebih lanjut menjelaskan, setelah pendaftaran berakhir pada 30 November (besok malam), maka pengumuman hasil seleksi administrasi pada 23 Desember mendatang.

Masa sanggah bisa dilakukan 24 - 26 Desember 2019.
Sementara pengumuman hasil sanggah pada pada 3 Januari 2020.
Selanjutnya, cetak nomor ujian secara online pada Januari 2020.
Dilanjutkan pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada  Januari/ Februari 2020.
Disabilitas Wajib Hadir di Kantor BKPSDM.
Sesuai pengumuman  tentang perpanjangan  masa pendaftaran CPNS 2019 yang dikeluarkan 22 November lalu,  Kepala BKPSDM Abdya, Hj Cut Hasnah Nur menjelaskan. bahwa sebelum pengumuman hasil seleksi administrasi (23 Desember), berdasarkan Permendagri, pelamar disabilitas     wajib hadir di Kantor BKPSDM Abdya pada 9-13 Desember 2019. 
Kewajiban hadir untuk memastikan, kesesuaian formasi dengan jenis dan derajat kedisabilitasnya.

Sebagai cacatan,  pendaftaran CPNS Lingkup Pemkab Abdya tahun 2019, seharusnya sudah ditutup 25 November lalu.
Namun, akhirnya diperpanjang sampai 30 November mendatang.
Sebagaimana dijelaskan pihak pansel saat itu, alasan perpanjangan jadwal pendaftaran CPNS Pemkab Abdya sampai 30 November 2019 adalah karena adanya revisi atau ralat pengumuman.
Pengumuman Nomor: 810/785/2019 Tentang Ralat Pengumuman Seleksi CPNS Pemkab Abdya Nomor: 810/752/2019 Tentang Seleksi CPNS Pemkab Abdya.
Ralat dilakukan, seperti persyaratan Indek Prestasi Komulatif (IPK) menjadi minimal 2,50.
Untuk semua formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan.
Semula, persyaratan IPK 2,50 untuk pelamar berasal dari Abdya, IPK 3,00 untuk pelamar dari luar Abdya dalam Provinsi Aceh, dan IPK 3,50 untuk pelamar dari luar Provinsi Aceh.
Pengumuman semula disebutkan, Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakkreditasi pada BAN-PT dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes pada saat kelulusan.

Setelah keluar pengumuman ralat menjadi,   Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakkreditasi pada BAN-PT dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes pada saat kelulusan, jika tidak tertulis dalam ijazah maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas atau tangkapan layar (screen capture) pada Direktori Hasil Akreditasi Program Studi dan/atau Perguruan Tinggi dan BAN-PT yang memuat status akreditasi berasal portal http//banpt.or.id.
Bisa juga surat akreditasi yang dimiliki perguruan tinggi dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.
Tentang penyandang disabilitas dalam ralat pengumuman disebutkan, penyandang disabilitas berdasarkan Permen PANRB Nomor 23 Tahun 2019 meliputi fisik, sensorik, mental, dan/atau intelektual dapat mendaftar pada formasi khusus disabilitas.
Formasi khusus lainnya selain formasi khusus disabilitas atau formasi umum.
Tapi, dengan ketentuan apabila mempunyai ijazah yang kualifikasi pendidikannya sesuai dengan formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan yang tercamtum dalam pengumuman seleksi CPNS Pemkab  Abdya.
Serta berdasarkan ralat pengumuman tersebut, syarat unggah/scan asli kartu keluarga (KK) dihapus.    
Untuk informasi lebih lanjut, dapat berkonsultasi melalui WA/SMS (0812 8259 5163). (*)

Aceh Ttbn