Search Cari

Pelamar CPNS Kabupaten Aceh Barat Daya Mencapai 4.359 setelah diperpanjang masa pendaftarannnya

Kepala BKPSDM, Hj Cut Hasnah Nur, saat menjelaskan tentang kuota penerimaan CPNS Pemkab Abdya di ruang kerjanya. (Foto: Syamsurizal)./


Pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh saat ini sebanyak 4.359 akun pendaftar. Pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) tahun 2019, hingga hari ini, Rabu 27 November 2019 terhitung sebanyak 4.359 akun pendaftar. Dari jumlah tersebut, yang sudah memilih formasi sebanyak 3.931 akun pendaftar.
“Yang sudah mendaftar sebanyak 4.359. Yang sudah memilih formasi 3.931,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Barat Daya, drh Hj Cut Hasnah, Rabu 27 November 2019.
Dia mengatakan, jika sebelumnya pihaknya mengumumkan penutupan penerimaan pendaftaran CPNS di pemerintahan setempat pada tanggal 25 November 2019. Hal ini telah di perpanjang hingga tanggal 30 November 2019 atau beberapa hari kedepan.
“Iya sampai 30 November ini. Itu hasil evaluasi dari BKN-RI,” ujar Cut Hasanah.

Usaha Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya dan beberapa lembaga lain di kabupaten setempat memprioritaskan putra-putri daerah dalam pengrekrutan CPNS tahun ini ternyata tidak menuai hasil. Meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menjadi 3,5 bagi pendaftar luar daerah tidak disauti oleh BKN-RI pusat.
“Hasil evaluasi BKN tidak boleh merevisi, jadi terkait IPK harus diratakan semua. Seperti kita di Abdya, IPK 2,5. Semua pendaftar sama IPKnya yakni 2,5 walau bukan warga asli daerah,” katanya.
Dijelaskan, pihaknya dalam penerimaan CPNS tahun ini tidak menerima berkas dari pendaftar. Verifikasi berkas pelamar dilakukan secara online.”Kita sudah rapat dengan Pansel daerah, komit tidak menerima berkas,” ujarnya.
Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya menerima jatah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 ini sebanyak 138 formasi.
Jumlah ini sesuai ketetapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam surat yang diterima oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Aceh Barat Daya.
Kepala BKPSDM, Hj Cut Hasnah Nur, mengaku pada Mei 2019 melalui surat bupati mengusulkan kebutuhan formasi CPNS sebanyak 211 orang. Jumlah ini untuk lima tahun ke depan.

Kata dia, jumlah yang diusulkan itu sudah terlebih dahulu dilakukan analisis jabatan dan analisis beban kerja (Anjab dan ABK), terhadap kebutuhan CPNS Pemkab Aceh Barat Daya.
"Dalam surat yang kita tujukan kepada Menteri PAN-RB cq Deputi Bidang SDM Aparatur itu, turut kami rincikan tentang jumlah dan kebutuhan CPNS tahun 2019 yakni sebanyak 211 formasi. Surat itu sudah dibalas, tetapi formasi yang diberikan tidak sesuai dengan jumlah yang kita minta yakni hanya diberikan 138 formasi saja," kata Cut Hasnah Nur, di ruang kerjanya, Rabu 30 Oktober 2019.