Search Cari

Mau Daftar CPNS Formasi Lengkapnya di Sini

Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama Sejumlah lembaga atau instansi pemerintah telah mengumumkan rincian lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Beberapa instansi itu antara lain Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bagi pelamar yang ingin mendaftar seleksi CPNS sebaiknya membaca detail formasi lowongan yang dibuka masing-masing instansi. Pastikan, lowongan yang dipilih sesuai dengan latar belakang pendidikan serta minat pelamar. Sehingga, pelamar tak mengalami kendala saat mendaftar seleksi CPNS tersebut.

Berikut rincian formasi CPNS dirangkum
:

KKP Buka Lowongan untuk Lulusan D3

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyediakan 399 lowongan CPNS pada tahun ini. Dari 399 formasi, sebanyak 333 formasi terbuka bagi kategori umum, 53 formasi bagi lulusan cumlaude, 8 formasi untuk penyandang disabilitas, dan 5 formasi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo melalui pengumuman nomor 1068/SJ/XI/2019 , Minggu (17/11/2019).

Lowongan terbanyak dibuka untuk analis kepegawaian yang ditempatkan untuk Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, yaitu 23 orang. Lowongan ini terbuka untuk sarjana lulusan llmu Kepegawaian, llmu Hukum, llmu Administrasi Negara, llmu Ekonomi, llmu Komunikasi, dan Psikologi.

Kemudian lowongan terbanyak untuk D3 ialah untuk mengisi jabatan kelasi yakni 21 lowongan. Lowongan ini untuk D3 Penangkapan Ikan/D3 Nautika.

Luhut Buka 72 Lowongan CPNS

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyediakan 72 lowongan pada tahun ini. Kementerian yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan ini membuka 72 formasi yang terdiri dari 63 formasi kategori umum, 7 formasi bagi lulusan cumlaude, 1 formasi untuk penyandang disabilitas, dan 1 formasi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat.

Putra/putri Papua dan Papua Barat yang dimaksud adalah pelamar dengan garis keturunan (bapak/ibu) asli Papua yang dibuktikan dengan surat dari kepala desa/kepala suku yang menyatakan bahwa pelamar memiliki orang tua asli Papua.

Lowongan terbanyak dibuka untuk posisi penyusun bahan kebijakan yaitu untuk 12 orang. Posisi ini terbuka untuk lulusan S1 hubungan internasional, teknik kelautan, manajemen transportasi, akuntansi, atau psikologi.

Formasi terbanyak selanjutnya adalah analis hukum dan analis kebijakan, di mana masing-masing posisi yang dibutuhkan 10 orang. Analis hukum dibuka untuk sarjana hukum, sementara analis kebijakan untuk sarjana teknik kelautan, komunikasi, teknik industri, hingga perikanan tangkap.

Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna >Kemenko Perekonomian Buka 67 Lowongan

Selanjutnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian membuka 67 lowongan CPNS di 2019. Lowongan terbanyak dibuka untuk jabatan analis perekonomian yakni sebanyak 38 jabatan. Alokasi 38 analis perekonomian akan ditempatkan untuk Deputi 1 sampai Deputi 7.

Lowongan tersebut dibuka untuk sarjana ilmu ekonomi, ilmu komunikasi, ilmu administrasi fiskal, peternakan, kedokteran hewan, sastra Inggris, dan hukum. Lowongan ini juga ditujukan untuk S2 jurusan ilmu ekonomi, hukum perdagangan internasional, logistik, hingga ekonomi makro.

Alokasi 38 jabatan analis perekonomian diperuntukkan untuk 58 orang dari 67 orang. Dari 58 orang itu sebanyak 50 lowongan berasal dari jalur umum, 7 orang untuk lulusan terbaik (cumlaude), dan 1 orang untuk putra/putri Papua dan Papua Barat.
Bantu Jokowi Bangun Infrastruktur, PUPR Buka 1.048 Lowongan CPNS

Pembangunan infrastruktur tengah menjadi fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bagi masyarakat yang ingin terlibat pembangunan infrastruktur ini, bisa mengikuti seleksi CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Mengutip laman pu.go.id Minggu (17/11/2019), pada tahun ini Kementerian PUPR membuka lowongan sebanyak 1.048 formasi.

Lebih lanjut, lowongan ini dibuka untuk lulusan D3, D4, S1 hingga S2. Jumlah lowongan sebanyak 1.048 formasi terbagi untuk 18 jabatan.

Lalu, dari 1.048 formasi itu sebanyak 877 merupakan formasi umum, 105 formasi lulusan terbaik (cumlaude), 21 formasi untuk penyandang disabalitas, dan 45 formasi untuk putra-putri asli Papua dan Papua Barat.

Dalam keterangan itu disebutkan, pendaftaran dibuka pada 11 November sampai 25 November 2019. Pendaftaran ini lewat online melalui website https://sscn.bkn.go.id.

Informasi detil terkait pengadaan CPNS ini bisa dilihat di https://sscn.bkn.go.id dan website pengadaan CPNS Kementerian PUPR https://cpns.pu.go.id.

Di keterangan itu juga ditegaskan, Kementerian PUPR tidak memungut biaya sama sekali terkait pengadaan CPNS ini. (ang/ang)