Search Cari

Kabupaten Aceh Jaya Tetap Utamakan Putra/I Aceh Jaya untuk Jadi PNS

Meskipun seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) menggunakan sistem CAT/sistem komputerisasi, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya tetap akan memprioritaskan putra dan putri daerah setempat dalam penerimaan pns.

“Saya sudah sampaikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) dan dinas terkait untuk dapat memprioritaskan putra daerah dalam penerimaan CPNS mendatang, sejauh regulasi memungkinkan,” kata Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb kepada Naganterkini.com di Calang, Senin (18/12).
Pria yang juga mantan Sekda Aceh Jaya itu mengatakan bahwa salah satu alasan dari penerima CPNS diutamakan putra daerah adalah karena banyaknya orang dari luar hanya menjadikan Aceh Jaya sebagai “batu loncatan” saja untuk menjadi pns, selanjutnya dengan berbagai alasan minta pindah ke kabupaten/kota asal si pns yang telah lulus.

“Kalau yang pindah itu tidak terbendung, dulu pada saat saya sekretaris daerah pernah didatangi Ombudsman dan kami kemukakan data sehingga dari Ombusman dapat memahami, masak dalam satu tahun sampai 100 orang pindah. Oleh sebab itu kita perlu menerima putra daerah,” terangnya.
Kabupaten Aceh Jaya pada penerimaan cpns kali ini hanya menerima kuota untuk formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis yang tersebar di SKPK setempat.