Search Cari

Kabupaten Aceh Barat Cabut Pembatasan IPK bagi CPNS Luar Daerah setelah Ditegur Kemenpan






Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencabut pembatasan Indeks Penilaian Kumulatif (IPK) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) luar daerah yang melamar di kabupaten setempat, yang sebelumnya disyaratkan.
Dimana sejak 11 November lalu Pemkab setempat mensyaratkan bagi pelamar luar daerah atau kabupaten kota lainnya di provinsi Aceh wajib memiliki IPK paling kurang 3.0 dan bagi pelamar luar provinsi IPK 3,5.
Dicabutnya aturan tersebut setelah pemerintah kabupaten setempat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) setempat ditegur Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).
Teguran itu dilayangkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dengan nomor F26-30/V 179-7/39 yang dikirimkan ke BPKSDM Aceh Barat pada jumat, (22/11) lalu.
Kepala BKPSDM, Teuku Fadli, mengatakan pihaknya secara resmi mencabut syarat pembatasan IPK bagi peserta luar daerah dengan nilai lebih tinggi beelaku sejak Senin, (25/11).
"Jadi mulai hari ini Senin hingga dua hari ke depan dalam waktu perpanjangan pembatasan IPK lebih tinggi bagi peserta luar daerah tidak berlaku lagi, setelah Jumat kemarin kita menerima surat dari Kemenpan RB lewat BKN," kata Teuku Fadli
Dikatakannya, dalam surat tersebut diminta kepada Pemkab Aceh Barat untuk tidak memberlakukan sistem diskriminatif dalam penerimaan CPNS.
Untuk itu, kata dia, agar dalam seleksi tersebut memenuhi norma standar, prosedur, kriteria manajemen ASN, BKN meminta untuk melakukan perbaikan pengadaan CPNS serta melaporkan hasil perbaikan tersebut.<