Search Cari

Jelang Tes CPNS 2019, Penjualan Jimat Laris Manis

Foto: Anisa Indraini Foto: Anisa Indraini Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 telah dibuka sejak 11 November 2019 dan masih berlangsung sampai hari ini. Di tengah lowongan CPNS 2019 yang sedang dibuka, penjualan jimat di sejumlah tempat ikut laris manis.

Berdasarkan pantauan detikcom di Pasar Jakarta Gems Center (JGC), Jatinegara, para pedagang jimat pun nampak ramai.

Awan (33), salah satu pedagang jimat mengatakan jelang tes CPNS 2019 banyak orang yang mencari jimat untuk kepercayaan diri saat menjalani tes.
"Alhamdulillah ada aja barang kita ini yang laku. Alhamdulillah ada aja menjelang tes CPNS ini," kata Awan saat ditemui di pasar JGC, Jakarta Timur, Sabtu (23/11/2019).

Menjelang tes CPNS 2019 ini, Awan mengaku bisa menjual hingga 100 barang atau paling tidak sedikitnya 20 barang dipastikan bisa terjual.

"Paling sedikit 1 kodi terjual. Kadang sampai 5 kodi. Hari-hari biasa paling cuma 10 biji," pungkasnya.

Dia mengungkapkan, berkat CPNS 2019 ini paling tidak ia bisa mengantongi pendapatan sekitar Rp 2 juta/hari.

"Omzet kita ini setiap keluar dari wapak-wapak ini paling sedikit 1 kodi. Meningkatlah (peghasilan) 50%, kadang Rp 2 juta/hari," sebutnya.

Meskipun tidak sebanyak penghasilan Awan, pedagang lain David juga mengatakan bahwa penghasilannya cukup berpengaruh jelang tes CPNS 2019. Meskipun yang beli barang-barangnya adalah kebanyakan berasal dari kalangan paranormal.


"Saya nggak tahu ya dia buat apa, yang beli sih biasa langganan aja itu dia paranormal. Dia punya bisnis sendiri ya mungkin bisa saja buat yang mau tes CPNS," sebut David.

Namun sayang, ia tak mau menyebutkan berapa nilai total transaksinya. Hanya saja, dia menyebut jika penghasilannya ini sudah mencukupi.

"Sehari bisa jadi 20 kodi. (Jumlah penghasilan) ya cukup lah ya," jawabnya.