Search Cari

Aceh Jaya prioritaskan putra daerah dalam penerimaan CPNS tahun 2019




Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan memprioritaskan putra daerah dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akhir 2019.

“Saya sudah sampaikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) dan dinas terkait untuk dapat memprioritaskan putra daerah dalam penerimaan CPNS mendatang, sejauh regulasi memungkinkan,” kata Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb kepada Antara di Calang, Senin (11/11).


Ia menyampaikan regulasi tersebut sebelumnya sudah pernah dijalankan di Aceh Jaya dengan tidak menerima pelamar dari luar Aceh Jaya.

“Pada saat saya Sekda dulu, kami pernah membuat regulasi tidak menerima pendaftaran bagi masyarakat yang tidak mengantongi KTP Aceh Jaya, tapi dengan kondisi sekarang pendaftaran secara online kami sampaikan kepada panitia untuk dapat mencari cara agar diutamakan putra daerah,” kata Irfan Tb.

T Irfan Tb juga menuturkan bahwa salah satu alasan dari penerima CPNS diutamakan putra daerah adalah karena banyaknya orang dari luar hanya mencari kerja saja ke Aceh Jaya setelah lewat akan meminta pindah.

“Kalau yang pindah itu tidak terbendung, dulu pada saat saya sekretaris daerah pernah didatangi Ombudsman dan kami kemukakan data sehingga dari Ombusman dapat memahami, masak dalam satu tahun sampai 100 orang pindah. Oleh sebab itu kita perlu menerima putra daerah,” tuturnya.