Search Cari

9 Kementerian Tutup Pendaftaran CPNS 2019 pada 26 November, Sudah Daftar?

Peserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Profesi PNS tidak menjadi pilihan pertama mayoritas anak muda yang kini masih berstatus mahasiswa. Pendaftaran rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019 telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu.
Mendekati hari penutupan pendaftaran, jumlah pelamar pun terus bertambah, di mana yang telah menyelesaikan pendaftaran mencapai lebih dari 2.000 pelamar.
Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mewanti-wanti pelamar untuk segera menyelesaikan proses pendaftaran guna menghindari penumpukan di detik-detik terakhir.
Sementara itu, sejumlah instansi telah membuka pendaftaran online CPNS di lingkungannya sejak 11 November 2019 lalu.

Sesuai aturan, instansi yang turut mengikuti rekrutmen CPNS tahun ini diberikan waktu pendaftaran minimal 15 hari kalender.
Aturan tersebut termuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, tepatnya dalam Pasal 22 yang berbunyi sebagai berikut:

1. Panitia seleksi instansi pengadaan PNS mengumumkan lowongan Jabatan PNS secara terbuka kepada masyarakat berdasarkan pengumuman lowongan oleh panitia seleksi nasional pengadaan PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21.

2. Pengumuman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan paling singkat 15 (lima belas) hari kalender.


Meskipun waktu minimal pendaftaran CPNS selama 15 hari kalender, dalam peraturan tersebut juga tercantum bahwa waktu maksimal pendaftaran selama 20 hari kalender.
Instansi diminta untuk menyesuaikan waktu pendaftaran sesuai peraturan tersebut.
Sejumlah instansi yang sudah membuka pendaftaran sejak 11 November 2019, akan menutup pendaftaran online pelamar CPNS di lingkungannya pada 26 November 2019.
Mana saja?
Dilansir dari situs resmi SSCN, berikut kementerian yang akan menutup pendaftaran pada Selasa (26/11/2019).
  1. Kementeiran Dalam Negeri
  2. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
  3. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
  4. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  5. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  6. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  7. Kementerian Perindustrian
  8. Kementerian Pertanian
  9. Kementerian Sosial